Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

EGGLESS PEANUT BUTTER BROWNIES

POJOK8
Saturday, December 13, 2014
Last Updated 2019-04-05T22:50:34Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini


Bismillahirrohmanirrohim
Brownies lagi !! Kayanya minimal sebulan sekali posting resep brownies ya hahaha. Harap maklum, brownies = mood booster bagiku. Kali ini aku bikin eggless peanut butter brownies. Kenapa bikin eggless brownies? Karena saat itu aku gak punya stok telur sebutir pun di rumah. Padahal dari malem udah diniatin banget bikin brownies abis subuh, sebelum tidur buka kulkas untuk ngeluarin telur daaan...yang ada tinggal telur asin hiiiks. Tadinya udah niat pagi-pagi minta anterin telur, karena aku jelas gak bisa ngambil telur pagi-pagi karena masih harus prepare anak-anak sekolah. Tapi daripada ribut minta anterin telur pagi-pagi buta demi bikin brownies, mending bikin brownies tanpa telur aja yaa. 

Kebetulan aku masih punya stok beberapa botol kecil selai kacang creamy, bisalah dimanfaatin untuk brownies. Buat penggemar peanut butter seperti aku, wajib dicobain lho. Resepnya aku adaptasi dari Sugar & Spice by Radhika, kemudian dimodifikasi lagi agar sesuai dengan selera keluarga.

EGGLESS PEANUT BUTTER SWIRL BROWNIES

Bahan Eggless Brownies :
150 gr tepung terigu serbaguna
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
2 sdm butter
40 gr gula pasir halus
45 gr gula palem
90 gr susu kental manis
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan
120 ml susu cair

Bahan Peanut Butter Swirl :
90 gr peanut butter (selai kacang creamy)
1 sdm butter leleh
2 sdm gula halus
1/2 sdt vanilla
---> aduk semua bahan hingga tercampur rata

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan loyang 18x18 cm. Oles margarin dan alasi kertas roti hingga sisi loyang, oles margarin kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter hingga lembut, kemudian masukkan gula pasir dan gula palem. Kocok hingga rata selama kurang lebih 3 menit.
4. Masukkan susu kental manis dan kocok sebentar hingga tercampur rata.
5. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Jangan overmix ya. 
6. Tuang susu cair dan coklat leleh. Aduk hingga rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, sendokan adonan peanut butter di atasnya. Buat motif swirl dengan memakai tusuk sate atau garpu.
8. Panggang selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong.







Rasanya lumayan juga kok. Menurutku resep ini cukup unik, selain tanpa telur, juga karena menggunakan susu kental manis dalam adonannya. Ternyata setelah menginap, brownies ini juga bertambah moist dan legit dibandingkan saat baru matang. Untuk penggemar brownies seperti aku, brownies ini memang terasa kurang "nendang" dibanding brownies yang biasanya aku buat, tapi untuk sebuah eggless brownies, ini sudah lumayan banget. Next time, mau buat lagi dengan memadukan brownies biasa yang fudgy dengan peanut butter swirlnya.

Selamat mencoba...Happy Baking ^_^ 
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl