Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

PASTEL RENYAH

POJOK8
Thursday, July 26, 2012
Last Updated 2019-04-05T22:50:37Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini

Ini dia takjil keluargaku hari ini...pastel renyah. Kenapa dinamakan pastel renyah? Karena kulit pastelnya memang tetap renyah walaupun sudah berjam-jam. Jadi ingat waktu aku kecil dulu, Mamaku juga suka buat pastel karena memang keluargaku semua hobby makan pastel :) Kami sekeluarga lebih senang dengan pastel yang isiannya bukan ragout. Mama biasa membuat isian pastel dari sayuran, bihun dan juga telur rebus. 

Karena hari ini tiba-tiba aja pengen makan pastel, jadi disempetin bikin sebentar. Padahal kalau diturutin ya sebenarnya capek juga karena seharian ada aja kerjaannya. Tapi gak apa lah demi pastel idaman, akhirnya nguprek juga di dapur. Untuk resep kulitnya aku memakai resep dari mas Budi Sutomo. Alhamdulilah hasilnya memang enak, renyah dan sesuai dengan yang aku inginkan. Isiannya bisa disesuaikan dengan selera keluarga ya. Akhirnya aku bikin seperti yang biasa Mama bikin dahulu. Diisi dengan ragout tentunya gak kalah enaknya. Berikut ini resepnya ya

PASTEL RENYAH
source : Budi Sutomo
modified by Nina

Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu serbaguna
1 butir telur
40 gr margarin
60-100 ml air (dikira-kira ya sampai adonan terasa kalis)
1/2 sdt garam
minyak untuk menggoreng

Bahan Isian :
150 gr bihun ---> siram dengan air panas, tiriskan
200 gr fillet ayam, potong dadu
3 buah wortel, potong dadu kecil
1 helai daun bawang , potong-potong
3 butir telur rebus, belah

Bumbu Halus Isian :
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
garam, merica dan gula secukupnya

Cara Membuat :
- Kulit : Campurkan terigu, margarin dan telur. Aduk hingga rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan diuleni sebentar saja hingga kalis. Gilas hingga tipis dan cetak bentuk round. Sisihkan.
- Isi : Panaskan 1 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel dan masak sebentar hingga layu. Masukkan bihun, bumbui dengan garam, gula dan merica bubuk. Test rasa. Tambahkan daun bawang.
- Ambil selembar kulit yang sudah dicetak, beri isian, tambahkan telur rebus.
- Rekatkan antara sisi-sisinya dan pilin hingga rapi. Lakukan hingga habis.
- Panaskan minyak, goreng pastel hingga kecoklatan.
- Angkat dan siap disajikan 



Aku buat 2 ukuran, yaitu yang besar seperti halnya pastel yang banyak dijual dan ada juga yang kubuat agak kecil. Ternyata memang kulit pastel yang lebih kecil lebih mulus permukaannya ya. Tapi aku lebih senang melihat pastel yang kulitnya berlubang-lubang ^_^ Soal rasa....sama enaknya.

Alhamdulilah rasanya pas, karena memang gak bisa icip-icip kan karena di rumah semua puasa. Dan yang lebih senang lagi karena pastelnya laris manis. Alhamdulillah. Jadi pengen buat lagi deh besok >.<



iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl